TRASFELLO.COM – Apakah saat ini Anda sedang sibuk “berburu” perusahaan jasa HVAC Kontraktor? Kalau iya, Anda barangkali juga sudah temukan beberapa perusahaan di sekitar Anda. Meski demikian, penting untuk Anda sadari bahwa tidak semua kontraktor sama, baik dari segi harga maupun kualitas.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan akan memilih kontraktor HVAC yang mana. Di samping itu, pilihlah dengan cermat agar Anda mendapatkan keyakinan tinggi bahwa kontraktor yang Anda pilih benar-benar profesional dan kompeten.

Tips Memilih HVAC Kontraktor Profesional

1. Perhatikan legalitasnya

Pilihlah perusahaan kontraktor yang sudah berlisensi. Pasalnya, bidang pekerjaan untuk system HVAC ini pada dasarnya termasuk ke dalam bidang konstruksi. Oleh karena itu, apabila tidak dilakukan dengan cermat dan benar, tentu resikonya sangat tinggi baik bagi para teknisi dan spesialisnya maupun bagi Anda.

Di samping itu, pastikan pula bahwa HVAC Kontraktor yang akan Anda pilih merupakan perusahaan yang sudah legal atau resmi di mata hukum. Hal ini untuk memberikan jaminan lebih tinggi dari segi kualifikasi dan profesionalitasnya.

2. Pilih yang berpengalaman.

Anda perlu melihat pengalaman perusahaan kontraktor prospektif yang akan Anda pilih. Walaupun hal ini bisa jadi bukan jaminan 100 persen bahwa kontraktor tersebut akan melakukan pekerjaan dengan standar mutu tertinggi, tapi makin berpengalaman sebuah bisnis menunjukkan bahwa mereka mampu bertahan karena mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

3. Pertimbangkan fasilitas layanan survei lapangan.

Tips yang satu ini sangat penting untuk Anda pertimbangkan terutama jika Anda berencana untuk memasang sistem HVAC di rumah atau gedung yang Anda Kelola. Apabila pihak HVAC Kontraktor menawarkan layanan survei lapangan, mereka pun bisa melakukan pengecekan dan evaluasi secara langsung untuk melihat kondisi nyata sebelum proses pemasangan dimulai.

Lewat survei dan pengecekan langsung ini, kontraktor yang akan Anda pilih pun juga akan dapat membuat kalkulasi yang lebih akurat. Kalkulasi tersebut terutama yang berkaitan dengan biaya, spesifikasi sistem HVAC yang dibutuhkan, hingga konsumsi listriknya.

4. Dapatkan referensi dari orang-orang di sekitar.

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menemukan kontraktor yang tepat adalah dengan meminta referensi dari orang-orang di sekitar Anda. Misalnya teman, tetangga, rekan kerja, atau organisasi di sekitar yang menggunakan layanan dari HVAC Kontraktor. Dengan cara ini, Anda bahkan juga bisa sekaligus mendapatkan testimoni langsung dari orang-orang yang lebih Anda percaya.

Baca Juga : Apa Saja Tugas dan Layanan Kontraktor HVAC Surabaya?

Selain itu, Anda juga bisa lakukan riset kecil-kecilan secara online untuk menemukan rekomendasi kontraktor di daerah Anda. Apalagi, Anda bisa juga menemukan testimoni atau review dari klien-klien sebelumnya. Meski begitu, Anda tetap harus lebih cermat ketika menggunakan referensi online karena bisa jadi ada review bayaran.

5. Cermat dalam menentukan tawaran harga.

Cek budget Anda dan sesuaikan pilihan dengan anggaran yang Anda punya. Meski begitu, jangan langsung pilih HVAC Kontraktor dengan harga termurah meskipun budget Anda cukup terbatas sekalipun. Sebab, sembarangan memilih kontraktor murah justru akan merugikan Anda dalam jangka panjang – salah satunya adalah biaya perbaikan, perawatan, dan pemasangan ulang yang lebih sering.

Pilihan terbaik adalah memilih kontraktor yang benar-benar sudah terbukti terpercaya dan andal, bahkan meskipun harganya agak mahal sekalipun. Meski demikian, justru Anda akan lebih bisa berhemat dalam jangka panjang karena minimnya kebutuhan untuk perbaikan dan pemasangan ulang di masa depan.