Layaknya barang elektronik yang lain, AC dapat mengalami berbagai masalah mulai dari masalah yang umum terjadi seperti AC mati tiba-tiba, AC tidak dingin,dan AC bocor, sampai masalah yang lebih jarang terjadi. Oleh karena itulah Anda disarankan untuk melakukan pengecekan dan service AC secara berkala. Misalnya, dengan membawa AC ke jasa service AC Depok bagi Anda yang tinggal di lingkungan tersebut.

Masalah pada AC dapat timbul karena berbagai hal, mulai dari umur AC yang sudah tua, AC yang kurang terawat, sampai kesalahan penggunaan. Artinya, penggunaan AC yang kurang hati-hati dapat menyebabkan barang elektronik yang satu ini mudah rusak. Agar AC tetap awet dan tidak mudah rusak, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut.

Tips Merawat AC agar Tidak Mudah Rusak

Ketika AC rusak, Anda memang dapat membawanya ke tempat service AC seperti jasa service AC Depok. Namun, setelah AC selesai di-service, Anda harus melakukan beberapa hal berikut untuk menjaga dan merawat AC. Dengan begitu, Anda tidak perlu sering-sering membawa barang elektronik tersebut ke tempat service.

  1. Bersihkan filter secara rutin

Fungsi filter adalah untuk menyaring udara. Artinya, ketika udara kotor, maka kotoran tersebut akan menempel pada filter. Jika dibiarkan, lama-kelamaan kotoran dan debu yang semula bercampur di udara akan menumpuk di filter tersebut.

Ketika filter AC kotor, AC dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Ini karena udara dingin dari AC keluar melalui filter. Dengan kata lain, ketika filter AC kotor, udara yang keluar dari barang elektronik tersebut bisa membawa aroma debu dan kotoran yang tidak sedap. Namun, apabila kotoran dan debu pada filter sudah lebih menumpuk, udara dingin dari AC akan kesulitan untuk keluar sehingga AC menjadi tidak dingin.

Filter yang bermasalah kerap menimbulkan masalah lain yang lebih serius. Oleh karena itulah filter harus dijaga agar tetap dalam kondisi baik agar tidak menimbulkan masalah lain.

  1. Lakukan perawatan secara rutin

Layaknya kendaraan bermotor yang perlu perawatan rutin untuk penggantian oli dan pengecekan komponen, AC juga membutuhkan perawatan rutin untuk mengecek kondisi filter serta komponen lainnya. Oleh karena itulah Anda disarankan untuk membawa barang elektronik tersebut ke tempat service langganan Anda seperti jasa service AC Depok secara rutin, setidaknya 3 bulan sekali.

Dengan membawa AC ke tempat service secara rutin, Anda dapat memastikan bahwa AC Anda masih dalam keadaan baik dan dapat berfungsi normal. Pasalnya, pengecekan dan perawatan rutin tersebut memungkinkan Anda untuk tahu masalah apa yang terjadi pada AC sebelum masalah tersebut menjadi lebih parah.

  1. Tidak merokok di dalam ruangan

Asap rokok adalah salah satu penyebab AC mengeluarkan bau tidak sedap. Hal ini dapat terjadi jika Anda merokok di ruangan ber-AC. Pasalnya, asap rokok tersebut bisa terisap oleh komponen AC hingga mengakibatkan udara yang keluar dari AC memiliki bau yang tidak sedap. Oleh karena itulah tidak merokok di dalam ruangan akan membuat udara di ruangan yang bersangkutan tetap terjaga kebersihannya.

Selain dapat menghindarkan ruangan tempat AC diletakkan dari aroma rokok yang tidak sedap, tidak merokok di ruangan ber-AC juga berarti ikut menjaga kesehatan anggota keluarga lainnya. Ini karena asap rokok mengandung zat-zat berbahaya yang tidak baik untuk kesehatan.

  1. Menggunakan AC dengan bijak

Menggunakan AC dengan bijak juga dapat membuat AC menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak. Pasalnya, waktu penggunaan AC yang ideal berdasarkan suatu penelitian adalah 5 jam. Artinya, AC tetap membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar tidak bekerja terlalu keras.

Apabila Anda menggunakan AC terlalu sering dan lebih dari 5 jam per hari, barang elektronik ini akan lebih cepat rusak. Oleh karena itulah Anda perlu menggunakannya dengan bijak. Anda dapat menggunakan AC lebih dari 5 jam, tetapi harus memberikan perawatan ekstra. Misalnya dengan memasang fitur otomatis yang dapat membuat AC berhenti sejenak dan menyala kembali secara otomatis.

Baca juga : Layanan Service AC Pondok Indah No.1 di Indonesia