Jasa Service AC Purwokerto 2021 – Sebagai negara tropis dengan cuaca panas yang cukup menyengat, Air Conditioner (AC) di Indonesia sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Kehadiran AC bisa dikatakan sangat membantu untuk mengusir hawa panas atau gerah yang melekat, baik di rumah-rumah, gedung, ruko, dan sebagainya. Meski fungsi ini juga bisa dilakukan oleh kipas angin, tetapi kipas angin tidak memiliki fitur pendingin serupa AC. Alhasil, banyak masyarakat yang cukup ketergantungan dengan keberadaan AC.

Terlihat seperti penolong di kala gerah melanda, jika terus menerus dinyalakan tanpa perawatan yang tepat, AC juga akan cepat rusak. Tentu Anda tidak ingin AC milik Anda rusak, bukan? Apalagi, benda yang tidak murah harganya ini digunakan setiap hari, nyaris sepanjang waktu. Bahkan, ketika malam tiba, banyak masyarakat yang menggunakannya demi kenyamanan istirahat semalam sutuk. Nah, untuk memperpanjang umus AC dan menjaganya lebih awet, tentu Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut telah kami rangkumkan beberapa tips agar AC tetap awet.

Tips Agar AC Tetap Awet

Memutuskan membeli alat elektronik, artinya sudah siap dengan segala konsekuensi selama memilikinya, salah satunya adalah melakukan perawatan secara berkala. Tentunya hal ini dilakukan demi menjaga keawetan dan menghindarkan Anda untuk mengeluarkan dana yang banyak untuk biaya service. Berikut ini beberapa tips dari Jasa Service AC Purwokerto agar AC tetap awet.

  1. Gunakan fitur timer

Biasakanlah menggunakan fitur timer saat menyalakan AC. Fitur ini membuat AC Anda mati di waktu pengaturan tertentu secara otomatis. Sehingga, tidak ada alasan bagi Anda lupa mematikan AC atau membiarkan AC menyala terlalu lama. Setelah AC mati, biarkan mesinnya beristirahat sejenak agar kelak dinginnya awet.

  1. Bersihkan filter berkala

Filter AC merupakan tempat yang sudah pasti banyak debu dan kotoran karena fungsinya sebagai penyaring. Debu-debu yang menumpuk pada filter akan menghalangi aliran udara yang membuat AC cepat rusak. Oleh karenanya, penting untuk selalu menjaga kebersihan filter dengan membersihkannya secara berkala. Paling tidak, bersihkanlah 1-2 bulan sekali.

  1. Periksa thermostat

Perhatikan pula pengatur suhu untuk memastikan AC melakukan kerjanya secara optimal dan menjaga suhunya tetap stabil. Ketika rumah sedang tidak banyak orang, atur thermostat dengan temperature yang lebih tinggi. Penting juga untuk tidak terlalu sering mengatur suhu AC di bawah 22 dan di atas 27 derajat celcius.

  1. Tutup rapat pintu jika AC menyala

Ketika AC sedang menjalankan fungsinya sebagai pendingin ruangan, maka sebaiknya tutuplah pintu maupun ventilasi rapat-rapat. Hal ini bertujuan agar AC tidak bekerja terlalu keras untuk mendinginkan ruangan. Artinya, jika ruangan ditutup, AC bekerja sesuai kapasitas dan suhu ruangan yang stabil. Sehingga, ruangan pun lebih terasa sejuk.

  1. Matikan AC jika tidak digunakan

Selain menghemat energi, Anda juga tentu bisa lebih menghemat pengeluaran untuk membayar listrik yang dihasilkan oleh AC yang menyala. Lagi pula, AC yang dibiarkan menyala terus menerus terlalu lama justru akan membuatnya cepat rusak.

  1. Cek kipas

Lakukanlah pemeriksaan rutin pada kipas yang terpasang di atas unit kondensator bagian luas. Pastikan kipas berada dalam kondisi baik dan tidak terlalu tertutup debu. Gantilah pisau kipas jika saat memeriksanya, Anda menemukan keretakan atau pecahan. Sebab, hal ini akan membuat kinerja pendingin menurun.

  1. Bersihkan kumparan kondensor

Selain filter dan kipas, kumparan AC juga perlu dibersihkan. Setiap tahun pasti debu kerap menumpuk di bagian ini, karena posisinya juga berada di luar. Debu yang menumpuk ini dapat mengurangin kemampuan penyerapan panas. Akibatnya, AC akan kelebihan beban kerja dan mungkin saja menimbulkan korsleting.

  1. Lakukan service berkala

Hal yang satu ini memang kerap disepelekan, ketika merasa AC baik-baik saja atau sudah melakukan perawatan sendiri. Padahal, penting untuk melakukan service AC berkala oleh jasa service AC Purwokerto untuk membantu memperbaiki kerusakan-kerusakan yang tidak diketahui. Memanggil jasa service AC Purwokerto juga bisa menjadi salah satu langkah pencegahan Anda agar tidak terjadi kerusakan besar pada AC.