Sebelum kita membahas tentang Jasa Service AC Terdekat Dari Sini, mari kita bahas terlebih dahulu sedikit tentang AC. Mendinginkan ruangan adalah tugas AC. Namun, nyatanya tidak semua AC mampu melakukan hal tersebut. Terutama jika AC mengalami masalah. Ketika hal ini terjadi, ruangan yang seharusnya sejuk dan dingin menjadi tetap terasa panas. Akibatnya, aktivitas pun menjadi kurang lancar. Oleh karena, untuk mengatasi permasalahan tersebut kita bisa menggunakan Jasa Service AC yg lokasinya dekat dengan kita.

AC Tidak Dingin, Kenapa?

Jasa Service AC Terdekat

Masalah AC yang tidak dingin dapat disebabkan oleh masalah internal atau teknis dan masalah eksternal atau non-teknis. Maksudnya, masalah ini dapat disebabkan karena adanya kerusakan pada AC maupun karena faktor lain. Untuk mengatasinya, Anda perlu tahu terlebih dahulu tentang masalah internal dan eksternal yang dapat membuat AC menjadi tidak dingin, baru kemudian menghubungi jasa service AC terdekat dari sini.

A. Masalah Eksternal

Sebelum berpindah ke masalah internal atau masalah teknis yang dapat diatasi oleh jasa service AC terdekat dari sini, Anda harus tahu terlebih dahulu masalah eksternal yang dapat menyebabkan AC menjadi tidak dingin, yaitu sebagai berikut:

  1. Pengaturan suhu yang salah

Pengaturan suhu yang salah adalah salah satu masalah yang dapat menyebabkan AC tidak dingin. Agar mampu menyejukkan udara dalam suatu ruangan, suhu AC harus lebih rendah dari suhu ruangan. Apabila Anda mengatur suhunya lebih tinggi dari suhu ruangan, maka AC pun tidak akan terasa dingin. Misalnya ruangan tempat AC diletakkan memiliki suhu 230C, tetapi Anda mengatur suhu AC di termostat 260C. Jika hal ini terjadi, jelas Anda akan merasa bahwa AC tidak dingin. Oleh karena itulah Anda harus mengatur suhu AC dengan benar agar AC terasa dingin.

  1. Ukuran AC tidak sesuai

AC memang bertugas untuk mendinginkan ruangan. Namun, kemampuan AC dalam mendinginkan ruangan sangat dipengaruhi oleh luas ruangan. Apabila ruangannya luas dan AC-nya kecil, maka wajar saja jika AC tidak mampu menyejukkan ruangan. Dengan kata lain, Anda perlu menyesuaikan ukuran AC dengan luas ruangan agar barang elektronik tersebut mampu mendinginkan dan menyejukkan ruangan dengan efektif. Namun, apabila ruangannya terlalu luas dan tidak ada AC dengan ukuran yang lebih besar, Anda dapat memasang lebih dari satu AC di ruangan tersebut.

  1. Membuka pintu dan jendela

AC dapat bekerja dengan efektif pada ruangan yang tertutup rapat. Artinya, lubang ventilasi seperti pintu dan jendela harus tertutup. Jika Anda membuka pintu dan jendela, maka AC pun tidak akan terasa dingin. Hal ini dapat terjadi karena pintu dan jendela yang dibiarkan terbuka akan menyebabkan udara panas dari luar dapat masuk ke dalam ruangan. Akibatnya, sekalipun Anda menyetel atau mengatur AC dengan suhu rendah atau dingin, AC tidak akan terasa dingin karena udara panas dari luar dapat keluar-masuk dengan bebas ke dalam ruangan.

B. Masalah Internal

Apabila Anda sudah mengecek dan memastikan bahwa AC tidak dingin bukan karena masalah eksternal, maka kemungkinan besar masalah AC yang tidak dingin disebabkan oleh masalah internal dan perlu dibawa ke tempat service AC terdekat dari sini yang ada di lingkungan tempat tinggal Anda.

Ada beberapa masalah internal yang dapat menyebabkan AC tidak dingin, yaitu sebagai berikut:

  1. Filter AC kotor

AC dapat terasa dingin karena udara dingin yang dihasilkan berhasil melalui filter AC. Namun, hal ini tidak akan terjadi apabila filter AC kotor karena debu dan kotoran yang bertumpuk. Masalah ini dapat diatasi dengan cara membersihkan filter AC secara rutin yaitu mencucinya setidaknya satu kali setiap bulan. Dengan begitu, udara dingin dari AC dapat mengalir dengan lancar untuk mendinginkan ruangan.

  1. Kondensor kotor

Selain disebabkan oleh filter yang kotor, AC tidak dingin juga dapat disebabkan oleh kondensor yang kotor. Tugas kondensor adalah untuk melakukan proses pendinginan dalam sistem kerja AC. Apabila Kondensor kotor, maka AC tidak akan mampu melakukan tugasnya dengan baik dalam mendinginkan udara. Oleh karena itulah kondensor juga harus dibersihkan secara rutin seperti halnya filter.

  1. Freon habis

Freon merupakan gas yang tugasnya mendinginkan ruangan. Artinya, jika gas ini habis atau bocor, maka AC pun menjadi tidak dingin.