Jasa Service AC Ciputat terbaik 2021 – Masalah yang kerap menimpa AC adalah timbulnya bau tidak sedap dari barang elektronik yang satu ini. Penyebab timbulnya masalah ini banyak, mulai dari penumpukan debu dan kotoran pada AC, pengharum ruangan yang sudah apek, sampai penumpukan jamur. Oleh karena itulah ketika Anda merasakan adanya aroma atau bau tak sedap yang keluar dari AC, sebaiknya Anda membawa barang elektronik tersebut ke jasa service seperti jasa service AC Ciputat secepatnya.

Jasa Service AC Ciputat

Filter dan Evaporator Kotor

Salah satu penyebab utama keluarnya bau tak sedap dari AC adalah karena adanya penumpukan debu serta kotoran pada bagian filter dan evaporator AC. Pada dasarnya, udara dingin yang keluar dari AC akan keluar melalui filter udara. Oleh karena itulah ketika filter udara yang ada di dalamnya kotor, tidak hanya udara dingin akan sulit untuk keluar dan menyebabkan AC menjadi tidak dingin, tetapi udara tersebut juga akan membawa aroma tak sedap dari kotoran serta debu yang menempel pada filter.

Akibatnya, udara yang keluar dari AC menjadi tidak baik untuk kesehatan dan dapat menimbulkan masalah bagi orang-orang yang memiliki saluran pernapasan sensitif. Oleh karena itulah Anda disarankan untuk membersihkan filter dan evaporator AC secara rutin. Selain itu, melakukan service rutin di jasa service AC Ciputat juga penting agar kinerja AC selalu maksimal.

Penumpukan Jamur

Secara umum, AC bekerja dengan cara mengubah udara panas menjadi udara dingin dengan memanfaatkan gas freon. Karena itulah dalam prosesnya, terjadi kondensasi serta pembentukan tetesan air kecil di dalam AC. Tetesan air ini dirancang agar keluar melalui pipa atau saluran pembuangan AC. Namun, kelembapan dan sisa air di dalam saluran AC dapat tersisa, menjadikan saluran AC sebagai tempat yang lembap dan ideal bagi jamur untuk tumbuh dan berkembang. Ketika hal ini terjadi, AC akan mengeluarkan bau tak sedap yang busuk dan berjamur layaknya bau kaus kaki kotor yang dibiarkan lama.

Kondisi ini tidak baik untuk kesehatan sehingga AC yang mengalami masalah ini harus segera dibersihkan. Anda dapat membawanya ke tempat service untuk membersihkannya. Misalnya jasa service AC Ciputat yang memiliki tenaga ahli dan sudah berpengalaman di bidangnya. Setelah dibersihkan, Anda masih harus merawatnya dengan membersihkan saluran AC secara teratur.

Ada Hewan Mati di Dalam AC

Jika Anda mencium bau busuk ketika menyalakan AC, maka ada kemungkinan ada hewan yang terjebak dan mati di dalamnya. Mengingat ukuran AC yang besar, hewan-hewan seperti cicak, serangga, bahkan tikus dapat terperangkap di dalamnya kemudian mati.

Artinya, apabila aroma atau bau busuk itu sangat terasa hingga tersebar ke seluruh ruangan, Anda harus segera memanggil jasa service AC yang sudah dipercaya. Pasalnya, selain dapat menyebarkan penyakit, hewan yang mati di dalam AC juga dapat merusak perangkat elektronik tersebut.

Ruangan Sering Dipakai Merokok

Asap rokok dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap. Oleh karena itulah merokok di dalam ruangan sangat tidak direkomendasikan, terutama di dalam ruangan ber-AC. Selain tidak sehat, aroma rokok yang menyengat juga dapat diisap oleh blower indoor AC yang ada di luar ruangan.

Baca juga : Ini Dia, Jasa Service AC Terdekat Dari Sini Tahun 2021

Anda mungkin berpikir untuk mematikan AC sehingga aroma tak sedap dari rokok tidak terisap blower. Namun, hal tersebut juga tidak direkomendasikan karena aroma tak sedap yang berasal dari rokok bukan sekadar asap. Asap tersebut mengandung berbagai senyawa berbahaya yang dapat menempel pada benda-benda di dalam ruangan dan membuat ruangan menjadi berbau tak sedap. Oleh karena itulah tidak direkomendasikan untuk merokok di dalam ruangan baik ruangan ber-AC maupun tidak.

Pengharum Ruangan Sudah Apek

AC berbau tak sedap juga bisa berasal dari pengharum ruangan yang sudah apek. Biasanya, pengharum ruangan dipasang pada AC. Namun, jika Anda merasa pengharum ruangan tersebut sudah sangat lama tidak diganti dan ketika AC dinyalakan keluar aroma apek, maka kemungkinan karena pengharum ruangan yang sudah dibiarkan lama tersebut. Oleh karena itulah pengharum ruangan harus sering diganti.