Komponen HVAC dan fungsinya, HVAC (Heating Ventilation and Air Conditioning, merupakan sistem tata udara yang mempunyai peran untuk mengkondisikan lingkungan, yaitu mengendalikan suhu, kelembaban, arah dan juga kualitas udara, serta mengendalikan partikel-partikel kecil seperti debu pada udara. Sehingga dapat menjaga suhu udara pada suatu tempat menjadi optimal dan membuat nyaman.

HVAC sangat penting dibutuhkan untuk mengendalikan suhu pada suatu ruangan, biasa digunakan untuk gedung-gedung, perkantoran, atau ruangan yang membutuhkan pengendalian udara agar tetap nyaman.

Komponen pada Sistem HVAC

HVAC memiliki beberapa komponen. Di setiap komponen mempunyai perannya masing-masing. Baik dari komponen utama maupun komponen pendukung. Inilah beberapa komponen-komponen HVAC tersebut, yaitu :

A. Kompresor

Berguna untuk memompa gas di sekitar, kemudian memberi tekanan pada tabung, lalu disalurkan dalam bentuk gas sebagai udara yang bertekanan. Kompresor mempunyai tiga fungsi sebagai komponen di sistem HVAC, yaitu :

  1. Berfungsi sebagai penghisap
  2. Berfungsi sebagai penekanan
  3. Berfungsi sebagai pemompaan

B. Kopling Magnet

Kopling Magnet digunakan untuk menghubungkan dan memutuskan putaran mesin pada pulley kompresor. Seperti ini cara kerja pada kopling magnet :

  1. Mengendalikan posisi AC cooler off
  2. Mengendalikan posisi AC  cooler on

C. Kondesor

Berguna untuk mengubah gas bertekanan tinggi menjadi cair yang akan disalurkan ke receiver dryer.

D. Receiver Dryer

Berguna untuk menyaring kotoran dan partikel-partikel lain dalam freon. Receiver dryer memiliki 3 fungsi, yaitu :

  1. Menyaring kotoran yang juga bersirkulasi pada refrigerant
  2. Menyerap air yang ada pada refrigerant
  3. Tempat menampung atau menyimpan sementara freon dalam bentuk cair

E. Katup Ekspansi

Berguna untuk membantu menurunkan tekanan dan temperatur dari refrigerant.

F. Evaporator

Berguna untuk menyerap panas udara yang kemudian disalurkan ke refrigerant.

G. Heater Core

Digunakan untuk menghasilkan panas atau sebagai penghantar penghangat udara.

H. Motor Blower 

Motor blower berguna sebagai penggerak untuk  memutar kipas blower.

Pada komponen HVAC dan fungsinya secara umumnya memiliki perannya masing-masing. Anda bisa melihat dari banyaknya tempat yang menggunakan sistem HVAC ini. Secara dasar fungsi HVAC untuk mengkondisikan udara sekitar agar tetap optimal jadi aman untuk peralatan yang butuh tempat khusus dan Anda juga akan merasa nyaman dengan kondisi udara di sekitar Anda.

Fungsi dari HVAC

Inilah penjelasan tentang HVAC, yaitu :

A. Heating

Sistem yang banyak digunakan didaerah beriklim dingin, yang didominasi oleh musim dingin. Dalam Heating memiliki komponen yang penting, seperti furnace,radiator, heat pump, hydronik, boiler. Dari komponen itulah udara yang dihasilkan menjadi panas. Sehingga  berfungsi sebagai pemanas ruangan.

B. Ventilation

Ventilation pada sistem HVAC, untuk mengendalikan udara dalam suatu ruangan. Sehingga ruangan tersebut tidak berdebu, lembab, dan bau karena tujuannya menghilangkan kelembaban atau bau-bauan. Agar kondisi di sekitar ruangan terasa nyaman.

C. Air Conditioning

Fungsi utamanya sebagai pengendali, yaitu mengendalikan temperatur, untuk mengatur kelembaban dan menyegarkan udara. Selain itu juga untuk memberikan kenyamanan pada Anda, agar terhindar dari dehidrasi karena kondisi udara yang tidak bersih.

HVAC memiliki fungsi yang saling berhubungan satu sama lain, karena mengatur temperatur kelembaban udara dalam bangunan. Hal ini menjadi solusi untuk menjaga suhu tetap aman terutama pada tempat yang memproduksi obat. Inilah beberapa fungsi dari HVAC, yaitu :

  1. Memberikan perlindungan pada lingkungan sekitar yang menggunakan sistem HVAC, terutama pada tempat pengolahan produk tertentu.
  2. Mengendalikan atau mengontrol temperatur udara agar dapat menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman.
  3. Menjaga lingkungan yang mempunyai bahan berbahaya dengan mengatur sistem pembuangan udara secara efisien, sehingga aman dari bahan-bahan yang berbahaya tersebut.
  4. Sistem HVAC dirancang untuk menjaga tekanan udara antar ruang dan menyediakan udara yang segar bagi yang menggunakannya.

Itulah sedikit hal yang menjelaskan tentang komponen HVAC dan fungsinya. Anda bisa mengetahui secara singkat bahwa sistem HVAC digunakan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan secara tidak langsung. HVAC sangat penting untuk tetap menstabilkan kondisi suatu lingkungan terutama gedung atau perkantoran.

Baca jugaInilah Tips Memilih Kontraktor HVAC Indonesia Yang Terbaik