Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat seluruh pekerjaan manusia menjadi semakin mudah dalam bidang apapun. Salah satu contoh dari perkembangan teknologi yang selalu hadir setiap hari di sekitar kita adalah Air Conditioner.

Air Conditioner atau yang biasa disebut dengan AC adalah pendingin ruang yang ada pada setiap rumaha tau ruangan besar seperti gedung-gedung bertingkat. Saat ini banyak jasa instalasi HVAC yang dapat digunakan untuk anda yang ingin memasang AC di rumah maupun di tempat kantor.

Pendingin Ruang Dan HVAC 

HVAC (Heating Ventilation Air Conditioning) atau system tata udara terbagi menjadi dua bagian diantaranya :

  1. Sebagai pengatur perubahan udara, kelembaban ruangan, pengatur suhu, dan fungsi pada proses produksi, tempat penyimpanan serta area kerja mesin
  2. Sebagai alat yang memberi kenyamanan pada tempat kerja.

Disamping itu HVAC terbagi menjadi dua jenis yakni sebagai pendingan dan pemanas, dengan beberapa penjelasan sebagai berikut :

1. HVAC sebagai cooling (pendingin) 

Merupakan sistem yang dapat digunakan pada tempat dengan suhu panas. Hal terpentingnya adalah panas dalam bangunan yang dilepas dengan paling cepat, efektif serta dapat menciptakan kondisi temperatur seragam.

Guna melepaskan panas maka AC atau Air Conditioner dan refrigerasi harus siap tersedia.

Panas akan dimusnahkan melalui konveksi, radiasi atau konduksi. Jasa instalasi HVAC siap membantu anda untuk melakukan pemasangan AC dalam ruangan atau rumah anda.

2. HVAC sebagai Heating (pemanas) 

Jenis AC berikutnya adalah AC heating atau AC dengan sistem yang biasa digunakan pada daerah beriklim dingin serta sangat mendominasi pada suhu tersebut. Pemanas merupakan mesin yang digunakan untuk memperoleh kehangatan dalam bangunan dan hal tersebut disebut dengan pemanasan sentral.

Pada umumnya pemasangan HVAC terbagi menjadi 5 bagian pekerjaan, diantaranya :

  1. Pembuatan Ducting Supply System
  2. Pembuatan Ducting Fresh Air System
  3. Pembuatan Ducting Exhause System
  4. Instalasi dan pemasangan Fresh Air Fan dan Exhause Fan
  5. Instalasi dan pemasangan unit AC

Setiap jasa pemasangan akan memberikan kualitas terbaik kepada konsumen. Tidak hanya memberikan jasa pemasangan, namun juga anda dapat berkonsultasi mengenai sistem yang nantinya akan digunakan pada pendingin ruangan dan peningkatan sistem agar lebih efisien.

Tips Memilih Jasa Pemasangan HVAC

1. Ditangani Oleh Para Ahli

Sebelum menentukan jasa pemasangan pastikan anda mengetahui bahwa perusahaan memiliki pekerja mekanik dengan kinerja yang baik. Untuk mengetahuinya anda dapat melihat kinerja ataupun mencari tahu jasa pemasangan AC tersebut. Ketika ditangani oleh para ahli sudah dapat dipastikan bahwa resiko kegagalan pada instalasi sangatlah kecil.

2. Jaminan Kualitas Terbaik

Sebagai konsumen tentu ingin mendapatkan yang terbaik dari jasa pemasangan yang diberikan. Pastikan terlebih dahulu bahwa jasa pemasangan yang akan anda gunakan memberikan kualitas terbaiknya.

Pada umumnya kualitas terbaik mencakup pemberian garansi dan penawaran ketika sedang melakukan service AC anda. Perusahaan besar yang berpengalaman akan memberikan garansi service penuh dan beberapa keuntungan lain untuk konsumen. Jaminan kualitas yang tinggi membuat anda akan semakin nyaman dan mempercayai jasa.

3. Harga Terjangkau

Sebelum menentukan jasa pemasangan, jangan ragu untuk menanyakan harga jasa yang akan diberikan. Biasanya harga yang diberikan berbanding lurus dengan kualitas yang akan diberikan kepada konsumen.

Anda perlu mencurigai ketika jasa pemasangan tersebut memberikan harga yang murah karena biasanya jasa tersebut merupakan jasa abal-abal, walaupun tidak semua memberi harga yang murah kepada konsumen.

4. Riwayat perusahaan

Pastikan anda mengetahui riwayat perusahaan jasa pemasangan AC sebelum anda memilihnya. Anda dapat melihat bagaimana pengalaman kerja, berbagai ulasan perusahaan jasa tersebut serta lama perusahaan berdiri guna mengetahui kualitas yang akan diberikan.

Baca jugaKomponen dan Kegunaan Kontraktor HVAC Farmasi Dalam Memasang Sistem Tata Udara

Jasa yang diberikan tidak hanya untuk pemasangan saja, namun juga lengkap dengan beberapa jasa lainnya seperti jasa service rutin dan service ketika terdapat kendala pada AC di rumah atau kantor anda.

Beberapa tips tersebut dapat anda terapkan sebelum memilih jasa instalasi HVAC dan pastikan anda memilih jasa instalasi terbaik untuk mendapatkan kualitas terbaik. Tidak perlu ragu untuk membayar dengan harga yang mahal, karena harga tersebut akan sebanding dengan kualitas yang diberikan.