4 Tips Perawatan Yang Tepat Agar AC Central Awet & Tahan Lama

Blog
AC Central
Cuaca panas sering kali membuat orang untuk memasang AC Central di rumahnya, meski sudah ada kipas angin namun hawa panas masih dirasakan hingga membuat kurang nyaman, oleh karena itu kini sebagian besar orang memasang AC di rumahnya sebagai pilihan untuk menyejukkan suasana.

Menentukan Jenis AC Dan Perawatan Yang Tepat Agar AC Central Awet Tahan Lama

A. Jenis AC

Mungkin Anda masih mengira bahwa semua jenis AC sama, padahal ada beberapa jenis AC yang bisa Anda temukan di pasaran, pemilihan jenis AC ini tentunya disesuaikan berdasarkan kebutuhan apakah untuk hunian atau perkantoran, dengan memilih jenis yang tepat maka kinerja AC dapat maksimal sehingga udara di ruangan tersebut menjadi lebih sejuk. Kira-kira apa jenis AC yang cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda? AC central misalnya yang biasanya dipasang dengan posisi tergantung, pada bagian sisi indoornya diletakkan di dekat plafon bagian atas. Selanjutnya ada AC floor standing yang mungkin pernah Anda lihat di setiap acara-acara besar, ukuran AC floor standing cukup besar, jika ingin menggunakan AC floor standing maka dibutuhkan ruangan yang luas agar sirkulasinya berjalan baik, saat ingin memasang AC ini di area indoor maka sebelum diletakkan di satu sisi terlebih dahulu akan dipasang dudukan di bagian dasar lantainya. Ada lagi AC Window yang bentuknya berbeda dengan jenis AC lainnya, untuk pemasangan AC window Anda tidak perlu menggunakan pipa baik di indoor maupun outdoor, yang perlu Anda lakukan hanya melubangi tembok dan memberi pembatas dengan tujuan menghalau udara panas dari luar ruangan masuk ke dalam. Jenis AC yang mungkin cocok memenuhi kebutuhan Anda adalah AC split, terdapat dua bagian AC split di indoor dan outdoor, kompresor berada di luar yang berguna untuk mengurangi panas dari pipa kondensor, sedangkan bagian pipa evaporator dan motor listrik berada di dalam sehingga udara dalam ruangan akan menjadi dingin. Selain mengetahui jenis-jenis AC Anda juga perlu mengetahui kisaran harga AC central yang perlu disiapkan selama proses pemasangan, karena setiap daerah memiliki rate harga yang berbeda-beda, biasanya biaya pemasangan berdasarkan dari besaran PK dari AC yang Anda pilih, apabila Anda ingin menggunakan jasa pasang AC pastikan Anda mencari informasi terlebih dahulu apakah sudah termasuk dengan material pendukung lainnya.

B. Perawatan AC

Ketika memutuskan memasang AC usahakan untuk selalu melakukan perawatan demi menjaga daya tahan selama proses pemakaian berkepanjangan, tidak sedikit orang yang sering memasang AC tapi kurang memperhatikan perawatannya, padahal hal ini dapat mempengaruhi kinerja AC dan membuatnya tidak tahan lama. Kurangnya perawatan tentu dapat membuat AC rentan mengalami kerusakan, apabila terjadi kerusakan yang parah maka Anda sendiri yang akan mengalami kerugian karena harus mengeluarkan biaya perbaikan yang tidak murah. Tentu Anda tidak ingin mengeluarkan banyak biaya akibat AC rusak bukan? Melakukan service secara berkala nyatanya dapat membantu menghemat pengeluaran listrik, saat terjadi kebocoran pada AC maka akan berpengaruh pada tagihan listrik karena adanya kebocoran yang tidak terduga. Setiap barang elektronik yang rutin diservis tentu akan memperpanjang umur pemakaiannya, begitu juga dengan AC yang diservis secara berkala pasti lebih awet dan memiliki performa yang lebih stabil, Anda bisa mengetahui kerusakan kecil yang ada ketika melakukan servis berkala. Kualitas udara dalam ruangan juga akan lebih bersih jika Anda melakukan perawatan AC Central yang rutin, mengingat penggunaan pendingin udara setiap harinya jadi sangat penting menjaga AC itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa Tips Perawatan AC Central di rumah yg bisa kita lakukan :
  • Anda bisa melakukan tes kecil-kecilan untuk mengetahui kualitas udara yang dikeluarkan dari AC, letakkan kain putih bersih di depan AC yang sedang beroperasi dan perhatikan kain tersebut terdapat kotoran atau tidak, kualitas udara yang tidak baik akan terlihat dari flek kotoran yang menempel pada kain putih tersebut, jadi jangan sampai menunggu sistem AC central menunjukkan gejala kerusakan baru melakukan pemeliharaan. Perawatan AC tidak harus selalu dilakukan oleh ahlinya, bahkan Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah, Anda perlu membuat jadwal kapan waktu yang sesuai untuk melakukan pemeliharaan AC oleh tim profesional.
  • Agar AC tetap memiliki performa yang baik coba perhatikan letak pemasangannya, sering kali AC dipasang di tempat yang menghalangi ventilasi AC seperti misalnya terhalang gorden, jadi pastikan Anda meletakkan AC di lokasi yang tepat.
  • Bersihkan bagian depan ventilasi dan periksa bagian tersebut untuk memastikan kebersihannya, selain ventilasi AC bersihkan juga unit yang ada di luar ruangan seperti kompresor dan kondensornya, karena komponen yang berada di luar ruangan lebih rentan terkena debu atau daun serta kotoran lainnya, agar tidak mengganggu kinerja AC usahakan mengosongkan area di sekitar unit sehingga aliran udara akan meningkat.
  • Selain bagian ventilasi dan komponen luar ruangan periksa juga termostat AC, ada baiknya Anda menyetel termostat pada suhu 25° C termasuk ketika cuaca panas, meski akan membuat Anda merasa kurang nyaman namun tingkatan suhu tersebut merupakan tingkatan yang baik.
Beberapa hal tersebut bisa menjadi proses perawatan yang dilakukan di rumah, sedangkan untuk proses perawatan selanjutnya sebaiknya dilakukan oleh tim profesional, jasa pemeliharaan AC tentu akan melakukan pengecekan mulai dari bagian sambungan listrik hingga bagian saluran pembuangannya, karena pada saluran pembuangan ini bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kerusakan peralatan.
Baca jugaKisaran Harga AC Central Di Pasaran Terbaru 2023
Memang sekarang ini AC masuk dalam kebutuhan utama sebagian orang, akibat cuaca panas menyengat membuat orang jadi enggan untuk keluar ruangan, padahal berada di ruangan AC Central rumah dalam jangka waktu lama bisa berdampak pada kesehatan, terlebih lagi bagi pegawai kantoran yang mau tidak mau harus berada di dalam ruangan ber-AC dalam waktu lama. Meski nyaman namun usahakan untuk memberi waktu jeda keluar dari ruangan ber-AC, apabila jam istirahat datang cobalah keluar beberapa saat demi mendapatkan udara alami yang segar, biarkan tubuh terkena sinar matahari meski hanya sesaat, karena terlalu lama terpapar AC akan mempengaruhi kesehatan tubuh Anda. Beberapa keluhan yang sering kali dirasakan oleh orang-orang yang terlalu lama terpapar AC diantaranya seperti sakit kepala; kulit kering hingga tortikolis, apakah Anda juga pernah atau bahkan sering mengalami kulit kering karena terlalu lama di ruangan ber-AC? Atau Anda pernah mengalami tortikolis? Tortikolis merupakan sebuah kondisi yang menimbulkan rasa nyeri di area otot leher, kondisi ini bisa terjadi karena seseorang terlalu sering terkena udara dingin yang berasal dari AC. Mungkin Anda tidak menyadarinya karena kesibukan yang menuntut Anda berada di ruang AC, apalagi jika AC jarang diservis sehingga memicu adanya tumpukan bakteri dan virus di bagian filter pendingin ruangan, oleh karena itu sangat penting melakukan pemeliharaan AC Central agar udara yang dikeluarkan lebih berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *