AC merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk menyejukkan ruangan. Perangkat ini dapat ditemukan pada mobil, tetapi juga dapat dipasang di rumah. Terutama jika lingkungan tempat Anda tinggal cukup panas, misalnya karena Anda tinggal di kawasan perkotaan seperti Pondok Indah. Apabila Anda menemukan masalah pada AC, membawa AC ke tempat service AC Pondok Indah sangat disarankan.

5 Penyebab AC Bocor Yang Harus Kita Ketahui

Layanan Service AC Pondok Indah
Layanan Service AC Pondok Indah

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada AC adalah terjadinya kebocoran. Air yang menetes pada AC adalah tandanya. Artinya, jika Anda menemukan air menetes dari AC, maka AC Anda bermasalah dan harus segera diperbaiki.

Penyebab AC bocor bermacam-macam mulai dari penumpukan kotoran, menyalakan AC dengan suhu yang terlalu dingin, tersumbatnya saluran pembuangan air, hingga adanya kebocoran pada refrigerant atau freon.

  • Kotoran dan Debu Menumpuk

Kotoran dan debu menumpuk dapat menyebabkan AC menjadi bocor atau rusak. Ini karena penumpukan kotoran dan debu tersebut dapat menyumbat saluran atau pipa pembuangan pada AC. Padahal, pipa atau saluran inilah yang biasa dilalui oleh air. Artinya, ketika saluran tersumbat, air yang seharusnya mengalir melalui pipa pembuangan pun akan mengalir melalui jalur lain.

Di samping dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran pembuangan, kotoran serta debu yang dibiarkan menumpuk juga dapat menyebabkan masalah lain pada AC. Misalnya timbulnya aroma tidak sedap atau apek dari AC. Apabila dibiarkan, debu yang keluar dari AC dan bercampur dengan udara kemudian terhirup dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Untuk mengatasi masalah penumpukan kotoran, Anda harus membersihkan AC secara rutin setidaknya 6 bulan sekali. Service dan pengecekan rutin juga perlu dilakukan, misalnya di tempat service AC Pondok Indah.

  • Filter AC Kotor

Mengeluarkan air adalah proses alami dalam sistem kerja AC. Di dalam pipa AC, terjadi proses kondensasi karena suhu yang ada di dalam dan di luar pipa memiliki perbedaan suhu yang besar. Oleh karena itulah air akan mengalir melalui saluran atau pipa pembuangan.

Filter AC yang kotor dapat menyebabkan AC menjadi bocor. Hal ini dapat terjadi karena filter yang kotor dapat menghalangi aliran udara. Akibatnya, udara pun akan kesulitan untuk mencapai koil evaporator dan menyebabkan kumparan evaporator menjadi terlalu dingin bahkan membeku. AC pun akan meneteskan air dalam jumlah berlebih ketika meleleh.

Kondisi semacam ini kerap terjadi pada AC yang umur pemakaiannya sudah lama, yaitu lebih dari 5 tahun. Penyebabnya karena armaflex atau pembungkus pipa pada AC sudah tidak layak digunakan.

Agar masalah pada filter AC ini teratasi, Anda perlu melakukan perawatan AC secara rutin, misalnya di tempat Service AC Pondok Indah. Disarankan untuk melakukan perawatan AC setidaknya 1 kali setiap 3 bulan. Apabila filter sudah kotor saat di-service, bersihkan filternya atau ganti dengan filter yang baru.

  • Suhu Terlalu Dingin Saat Menyalakan AC

Ketika menyalakan AC, sebaiknya pastikan pengaturan suhunya terlebih dahulu agar tidak terlalu dingin. Ini karena pengaturan suhu yang terlalu dingin saat menyalakan AC dapat menimbulkan masalah seperti AC bocor. Penyebabnya adalah membekunya gulungan evaporator. Hal ini dapat terjadi jika Anda memiliki kebiasaan menyalakan AC dengan pengaturan suhu yang terlalu dingin ketika udara dingin.

Artinya, ketika suhu udara sedang dingin, sebaiknya Anda tidak menyalakan AC. Suhu udara yang tidak direkomendasikan untuk menyalakan AC adalah di bawah 150 C.

  • Freon atau Refrigerant Bocor

AC bocor juga dapat disebabkan oleh bocornya refrigerant atau freon, yaitu gas yang bertugas menyerap beban pendingin ruangan. Artinya, freonlah yang membuat suhu udara yang semula hangat menjadi lebih sejuk. Namun, Anda harus hati-hati dengan gas ini karena sifatnya yang yang beracun. Agar tidak menimbulkan masalah kesehatan, AC yang rusak karena freon bocor harus segera diperbaiki.

Untuk mengetahui apakah AC bocor karena freon bocor atau bukan, Anda dapat merasakan embusan udara ketika AC menyala. Jika embusannya terasa lebih hangat dari biasanya, maka kemungkinannya freon bocor dan harus segera dibawa ke tempat service AC Pondok Indah.

Baca juga : Jasa Service AC Ciputat Terbaik, Bergaransi & Profesional