Apa Itu AC? 3 Fungsi dan Manfaat dari AC

Blog
Apa Itu AC
Trasfello.com - Apa itu AC? Istilah AC atau Air Conditioner dalam bahasa Indonesia mengacu pada peralatan listrik yang banyak digunakan untuk mengatur suhu udara atau meredakan panas di suatu ruangan, khususnya di negara yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia. Dalam artikel ini, kami akan menyajikan pengetahuan tentang apa itu AC serta fungsi dan manfaat dari penggunaan AC. Simak penjelasan di bawah untuk informasi lebih lanjut terkait AC.

Apa Itu AC/Air Conditioner?

AC atau air conditioner adalah perangkat atau peralatan listrik yang bisa mengatur kelembaban, suhu, dan kualitas udara di suatu ruangan. Pengaturan suhu biasanya berfungsi untuk menyejukkan atau mendinginkan ruangan sedemikian rupa sehingga terasa nyaman. AC ini tidak hanya digunakan di rumah saja, tetapi juga di gedung perkantoran, pusat perbelanjaan atau mall, restoran, sekolah, berbagai tempat umum, rumah sakit, dan hotel. Bergantung pada permintaan dan isi ruangan, beberapa lokasi juga ada yang menggunakan AC untuk pengatur suhu. AC, selain sebagai pendingin ruangan, juga dapat digunakan sebagai penghangat ruangan bila diperlukan. Namun di Indonesia, kebanyakan orang menggunakan AC sebagai pendingin saja, mengingat saat kemarau di Indonesia suhu udaranya selalu panas dan meskipun saat musim hujan suhunya tidak terlalu dingin.

Fungsi AC

Setelah mengetahui apa itu AC, sekarang kita beralih kepada Fungsi dari AC. Apa saja fungsi AC itu sebenarnya? berikut ini adalah beberapa fungsi dari AC yg harus kita ketahui :
  1. Mengubah atau Menyesuaikan Suhu Udara
Tujuan dasar dari AC adalah untuk mengontrol suhu udara sesuai dengan preferensi kita. Kita dapat menggunakan remote AC untuk menginstruksikan unit AC untuk mengubah suhu udara di ruangan atau area yang kita inginkan menjadi lebih dingin di 16 derajat Celcius, atau lebih dingin yang lebih nyaman di 22 derajat Celcius. Suhu terendah di AC adalah 16 derajat Celcius, sedangkan maksimumnya adalah 30 derajat Celcius.
  1. Menjaga Kelembaban Udara
Selain berfungsi untuk mengatur atau mendinginkan udara, AC juga menjaga dan mengatur kelembapan udara. Jika Anda membutuhkan lebih banyak kelembapan di ruangan Anda, atur suhu AC ke 24 hingga 26 derajat Celcius atau gunakan mode dingin. Jika Anda ingin menjaga kelembapan udara selama musim hujan, Anda dapat mengganti mode dingin AC ke mode kering. Mode kering atau dry mode ini menyerap kelembaban berlebih di dalam ruangan, sehingga menghasilkan udara yang lebih kering dan lingkungan yang lebih nyaman.
  1. Membersihkan dan Meningkatkan Kualitas Udara
Tujuan ketiga adalah untuk membersihkan dan meningkatkan kualitas udara ruangan Anda. Pendingin udara sekarang memiliki fungsi penyaring udara yang dapat menghilangkan berbagai jenis kotoran dan debu dari udara. Fitur lain juga dapat meningkatkan kualitas udara dengan menghancurkan berbagai macam kuman berbahaya di udara. Alhasil, udara di ruangan Anda menjadi lebih bersih dan berkualitas sehingga cocok untuk aktivitas sehari-hari. Untuk menjaga kebersihan tersebut, Anda harus membersihkan atau mencuci AC secara rutin agar komponen filter selalu bersih.
Baca juga : 4 Tips Perawatan Yang Tepat Agar AC Central Awet & Tahan Lama

Manfaat AC

  1. Kualitas Udara Lebih Baik
AC dapat menjaga kualitas udara ruangan Anda lebih baik. Hal ini dikarenakan karakteristik AC yang meliputi filter udara dan teknologi nano filter pada berbagai jenis AC. Fungsi ini meningkatkan perlindungan kualitas udara AC terhadap debu, kotoran, jamur, dan kuman berbahaya.
  1. Membantu Tidur Nyenyak
Memasang AC mungkin bisa menjadi solusi bagi Anda yang kesulitan tidur. Ini karena suhu dingin dan kelembaban yang diberikan oleh AC dapat menenangkan tubuh Anda dan membantu Anda lebih mudah tertidur.
  1. Tingkatkan Produktivitas
Menggunakan AC untuk menjaga suhu udara lebih rendah dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang lebih daripada di lingkungan yang panas. Udara panas menyebabkan tubuh menggunakan energi berlebih untuk menyesuaikan suhunya, menyisakan sedikit energi untuk berpikir. Alhasil, gunakanlah AC yang bisa menghasilkan udara sejuk. Ini dapat membantu tubuh rileks dan menjadi lebih nyaman, sehingga lebih mudah untuk melakukan aktivitas dan berpikir. Baiklah, demikian sharing kita kali ini tentang Apa Itu AC, apa fungsi dan manfaat ac. Semoga bermanfaat ya :-)
Baca jugaApa Itu Ducting, Fungsi Dan Penjelasan Seputarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *