Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis, itulah sebabnya kita seringkali merasa kepanasan ketika di dalam gedung karena udara yang panas. Oleh karena itu, HVAC (Heating, Ventilasi, Air Conditioning) sangat diperlukan sebagai suatu usaha untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna gedung terutama gedung bertingkat. Lalu, apa pengertian sistem tata udara (HVAC)? Apa manfaat sistem tata udara (HVAC) di gedung bertingkat? Mari kita bahas satu per satu.

Pengertian Sistem Tata Udara (HVAC)

Bagi anda, mungkin sistem tata udara lebih familiar dengan sebutan AC (Air Conditioning). Namun meski begitu, sistem tata udara juga biasa disebut HVAC yang merupakan singkatan dari Heating, Ventilasi dan Air Conditioning. HVAC adalah suatu sistem pengkondisian tata udara yang memiliki fungsi mengontrol suhu, kelembaban, kebersihan, pola aliran udara, dan tekanan udara dalam suatu ruangan termasuk gedung bertingkat untuk mencapai kondisi yang nyaman bagi para pengguna ruangan. Singkatnya, sistem tata udara (HVAC) ini memiliki definisi sebagai suatu proses pengontrol udara untuk mendapatkan suhu dan kelembaban udara yang bagus untuk mengatasi udara yang panas. Kemudian untuk sistem pengkondisian udara sendiri dibagi menjadi dua yaitu pengkondisian udara untuk kenyamanan kerja dan juga pengkondisian untuk industri.

Manfaat Sistem Tata Udara (HVAC) di Gedung Bertingkat

Berdasarkan fungsinya secara umum, sistem tata udara (HVAC) yang ada di Gedung bertingkat memiliki banyak fungsi, beberapa di antaranya yaitu:

  1. Mengontrol Suhu
    Salah satu fungsi sistem tata udara (HVAC) di gedung bertingkat yang dengan jelas kita ketahui yaitu mengontrol suhu. Sebagaimana definisinya, sistem tata udara (HVAC) ini dapat digunakan untuk mengontrol suhu suatu ruangan atau Gedung agar pengguna di dalamnya dapat merasa nyaman karena suhu di sekitarnya sesuai dengan yang mereka butuhkan.
  1. Mengatur kelembaban
    Banyak daerah di Indonesia yang didominasi oleh udara panas dan juga kotor seperti berdebu, dsb. Untuk itu, sistem tata udara ini memiliki fungsi untuk mengatur kelembaban suatu ruangan sehingga dapat mencapai kelembaban udara yang ideal. Dengan idealnya kelembaban udara tersebut dapat menjadikan udara di ruangan lebih nyaman.
  1. Memperlancar distribusi karbondioksida
    Dengan adanya ventilasi dalam system tata udara (HVAC), dapat memperlancar distribusi karbondioksida di suatu ruangan sehingga udara di dalam ruangan atau Gedung tersebut tetap sehat dan aman bagi para penggunanya. Adanya sistem ventilasi yang baik akan lebih menunjang kesehatan dan kenyamanan pengguna di dalamnya.

Baca Juga : Mengetahui Peran Penting Pada Komponen HVAC dan Fungsinya

Informasi di atas merupakan beberapa fungsi sistem tata udara secara umum, sedangkan berdasarkan rincian singkatan itu sendiri, antara lain:

  1.  Heating
    Daerah-daerah yang memiliki iklim dingin biasanya banyak menggunakan sistem heating dikarenakan sistem ini tersusun dari beberapa bagian penting yaitu boiler, furnace, heat pump, radiator, dan hydronic yang dapat digunakan untuk memanaskan ruangan. Sehingga daerah yang memiliki iklim dingin sangat cocok menggunakan sistem heating.
  1. Ventilation
    Ventilation adalah suatu proses sirkulasi udara dalam ruangan dengan udara di luar ruangan untuk mengeluarkan karbondioksida, debu, dan udara kotor lainnya agar bisa digantikan dengan oksigen dan udara bersih. Ventilation ini biasanya berupa forced ventilation maupun jendela yang banyak digunakan dalam perindustrian, gedung-gedung besar, dan rumah-rumah.
  1. Air Conditioning
    Salah satu bagian dari sistem tata udara (HVAC) di gedung bertingkat yaitu air conditioning atau biasa disebut AC memiliki bagian-bagian penting yaitu refrigerant, kompresor, heat exchanger, dan katup ekspansi. Terdapat perbedaan AC yang digunakan di rumah atau ruangan biasa dengan AC yang biasa digunakan di perkantoran maupun di perindustrian, yaitu adanya liquid chiller. AC yang menggunakan media liquid chiller ini melakukan proses pendinginan yang bertingkat sehingga perusahaan ataupun perkantoran yang memiliki udara bervolume besar akan lebih efisien saat melakukan sirkulasi.

Itu dia informasi mengenai sistem tata udara (HVAC) di gedung bertingkat yang bisa anda ketahui. Ternyata sistem tata udara bukan hanya AC atau Air Conditioning, melainkan terdapat bentuk lain seperti heating dan ventilation. Dengan adanya pengkondisian udara yang baik, maka akan menghasilkan udara yang segar, aman, sehat dan nyaman.

Baca Juga : Sistem HVAC Solusi Tepat Bagi Bangunan Komersial